Liburan Nataru, Gunungkidul Targetkan 268.290 Wisatawan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul menargetkan jumlah kunjungan wistawan akhir tahun, liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) bisa meraup pendapatan dari sektor retribusi sebesar Rp 2 miliar atau sebanyak 268.290 wisatawan.  

Berbagai upaya dilakukan  untuk menarik wisatawan baik di kawasan obyek wisata Pantai, Goa maupun air terjun dan sungai. “Untuk persiapan kunjungan wisatawan kami akan menggelar rapat koordinasi dengan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada pekan depan,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukmono Jumat (6/12/2019).

Terkait dengan  mensukseskan libur Natal dan tahun baru  tersebut pihaknya  akan  menyiapkan  sebanyak 500  personel  baik berasal  dari beberapa OPD terkait maupun  dari Pokdarwis. Sedangkan penanganan untuk menymbut kedatangan wisatawan akhir tahun ini masih terfokus di  daerah selatan terutama obwis pantai selatan yang selama ini  masih menjadi andalan  untuk Kabupaten Gunungkidul. Sesuai dengan karakteristik cuaca berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akhir tahun dan tahun baru cukup mendukung. 
“Harapannya untuk target pendapatan tahun ini sebesar Rp28 miliar  bisa tercapai,” ucapnya.

Selain menyiapkan berbagai suguhan yang memiliki daya tarik wisatawan, pihaknya juga  mengimbau kepada masyarakat yang memiliki warung makan di kawasan wistaa untuk mencantumkan harga dan  agar tidak menaikkan harga secara tidak wajar  yang dapat  berdampak buruk bagi  bidang pariwista Gunungkidul. 

Sejalan dengan perkembangan pariwisata, saat ini mulai bertumbuh usaha rumah makan, pusat oleh-oleh dan kuliner di sejumlah tempat wisata. Harapannya laju pertumbuhan tempat usaha boleh terjadi tetapi jangan sampai memanfaatkan kesempatan menaikan harga tidak wajar saat Gunungkidul kebanjiran wisatawan. 

“Jangan sampai wisatawan kapok berkunjung ke Gunungkidul lantaran diperlakukan tidak wajar,” ucapnya.(Bmp)

BERITA REKOMENDASI