Lomba Tangkap Ikan Di Ngawis Meriah

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI (KRjogja.com) – Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke 71, pedukuhan Ngawis II,  Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Minggu (14/08/2016) menyelenggarakan lomba menangkap ikan atau gogoh ikan. Ratusan warga, anak-anak, remaja dan orang tua ikut berburu ikan dengan iringan musik.

Meski dalam sawah ditebari ikan sebanyak 70 kg, ternyata tidak mudah untuk menangkapnya. Apalagi ibu-ibu yang tidak biasa menangkap ikan. Suara tawa, teriakan bercampur sehingga ladang dekat dengan balai dusun tersebut sangat meriah. “Ini jenis lomba baru, tahun depan penyelenggaraannya akan semakin disempurnakan,” kata Kepala Dukuh Ngawis II, Kecamatan Karangmojo Marjuki, Minggu (14/8).

Lomba menangkap ikan ini perlu persiapan matang, mengingat daerah Gunungkidul termasuk lahan kering. Sebelum lomba panitia harus menyiapkan lahan dan mengaliri air secukupnya. Termasuk harus membeli ikan untuk ditaburkan dalam kolam dadakan tersebut. Lomba dijadwal tiga gelombang, untuk anak-anak, wanita dan orang dewasa. Masing-masing kelompok diberikan waktu selama 30 menit. "Meski baru pertama menyelenggarakan lomba tangkap ikan, pelaksanaannya berjalan lancar," tambahnya. (Ewi)

 

BERITA REKOMENDASI