Longsor Ancam Puluhan KK Warga Putat

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Desa Putat Kecamatan Patuk, Gunungkidul termasuk kawasan rawan longsor jika terjadi curah hujannya tinggi. Forum Pengurangan Risiko Bancana (FP-RB) setempat mencatat terdapat 10 Kepala Keluarga (KK) dari sebanyak 9 dusun yang ada terancam longsor.

”Berbagai antisipasi dilakukanagar bencana longsor berhasil dice-gah, kalaupun terjadi diharapkan ti-dak menimbulkan korban,” kata Koordinator FPRB Saifrudin.

Baca juga :

Terduga Teroris Ditangkap di Berbah, Sultan Ingatkan Komitmen 'Jaga Warga'
Balai Tekkomdik DIY Publikasikan Hasil Teknologi TIK

Terkait dengan upaya antisipasi diantaranya dilakukan pelatihan mitigasi dan assessment FPRB Desa Putat kepada para dukuh, kader, linmas dan masyarakat se DesaPutat. Tujuannya agar dengan pembekalan ini masyarakat di kawasan rawan bencana longsor mengetahui dan bisa melakukan persiapan dalam menghadapi musim penghujan ini.

Selain itu diharapkan dapat selalu dan berkoordinasi yang sinergi antarpihak termasuk babinkamtibmas, babinsa, tagana dan komunitas masyarakat peduli bencana juga dengan lembaga swadaya masyarakat yang selama ini peduli terhadap bencana. ”Pemateri kegiatan ini dari Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Gunugkidul dan DIY,” imbuhnya.

Dari sebanyak 10 KK di kawasan rawan, belum lama ini sekitar lahan yang rencananya akan dijadikan kebun buah atau wisata agro tanahnya ambles dan 1 KK dalam keadaan terancam hingga akhirnya diungsikan.Saat ini untuk mengatasi kerawanan belum ada tindakan yang nyata.

Bahkan pihak pelaksana juga belum melakukan koordinasi dengan warga maupun FPRB. Padahal cukup penting agar keberadaan suatu kawasan wisata agro tidak menimbulkan dampak terhadap masyarakat sekitarnya. ”Karakteristiktanah di sini mudah bergeser danrawan longsor maupun ambles,” ucapnya.

Desa Putat Kecamatan Patuk, Gunungkidul ini terdiri dari 9 Dusun Batur, Bobung, Gumawang, Kepil, Plumbungan, Putat I, Putat II, PutatWetan dan Dusun Sendangsari. Dari 9 dusun yang ada Dusun Bobung merupakan kawasan wisata dan industri kerajinan kayu terutama topeng. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI