LPKA Bersinar, Komitmen Pemberantasan Narkoba

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dalam upaya memberantas Narkoba di Indonesia termasuk pada lingkungan Unit Pelaksana Teknis Lembaga Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta menyatakan Deklarasi Komitmen Bersama memerangi dan memberantas peredaran gelap Narkoba. Melalui pelaksanaan Apel Deklarasi LPKA JOGJA “BERSINAR” (Bersih Dari Narkoba), sebagai suatu bentuk komitmen dan bukti bahwa LPKA Jogja sudah benar-benar bersih dari peredaran gelap Narkoba. Adapun kegiatan Apel Deklarasi ini dilaksanakan terpusat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Wonosari dan seluruh pegawai LPKA Kelas II Yogyakarta mengikuti pelaksanaan tersebut baik perwakilan mengikuti secara langsung dan melalui aplikasi zoom yang bertempat di Ruang Kunjungan LPKA Kelas II Yogyakarta dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan dihadiri Bupati Gunungkidul H Sunaryanta, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY, Budi Argap Situngkir, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham DIY, Gusti Ayu Putu Suwardani, Kepala Divisi Imigrasi Yayan Indrayana, serta para Kepala UPT Pemasyarakatan Gunungkidu dan undangan. Kegiatan diawali dengan Apel Deklarasi “BERSINAR”, dilanjutkan penandatanganan serta penyerahan piagam penghargaan Lapas Bersih Dari Narkoba yang diserahkan secara langsung kepala BNNP DIY Brigjen Pol Andi Fairan MSM. Budi Argap Situngkir menyampaikan seluruh petugas pemasyarakatan harus junjung tinggi integritas laksanakan sesuai SOP yang ada. Serta turut aktif dan bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) wilayah terkait.

Kepala LPKA Yogyakarta Teguh Suroso, Minggu (19/09/2021) menuturkan, LPKA juga menggelar penggeledahan dan tes urine kembali dalam rangka deteksi dini memerangi Narkoba dan sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum wilayah Kabupaten Gunungkidul bersama Tim BNNP DIY. Penggeledahan ini dilaksanakan serentak di seluruh UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia untuk memerangi Narkoba. Penggeledahan dilaksanakan kepada seluruh anak didik pemasyarakatan LPKA Jogja, dilanjutkan dengan penggeledahan di seluruh paviliun hunian anak didik pemasyarakatan. “Penggeledahan ini untuk mencegah peredaran narkoba maupun senjata tajam ataupun handphone di lingkungan LPKA Jogja,” ucap Teguh Suroso. (Ded)

BERITA REKOMENDASI