Makanan Mengandung Boraks Ditemukan Beredar di Wonosari

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dan menemukan adanya kandungan makanan di area Taman Kuliner Wonosari Gunungkidul, Jumat (07/05/2021). Terdapat sebanyak 34 sampel pangan yang dilakukan penelitian untuk pengujian. Dari puluhan sampel tersebut, ditemukan terdapat tiga jenis makanan yang mengandung boraks.

”Ketiga jenis makanan tersebut krupuk puli atau gendar makanan yang mengandung boraks cenderung tidak mudah hancur dan kenyal,” kata Kepala BBPOM Yogyakarta Dewi Prawitasari.

Makanan yang mengandung boraks jika dikonsumsi akan menimbulkan efek kering di tenggorokan. Apabila dikonsumsi terus menerus justru akan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh manusia.

Sementara Bupati Gunungkidul, H Sunaryanta juga memimpin langsung sidak daging sapi di sejumlah Tempat Pemotongan Hewan (TPH) di Gunungkidul, Jumat (07/05/2021) dini hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan daging serta menjamin daging yang beredar di pasaran merupakan daging sehat.

Sunaryanta bersama Tim dari Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) mendatangi RPH di wilayah Pacarejo, Kapanewon Semanu. Terdapat enam titik TPH yang dipantau dan pihaknya memastikan ketersediaan daging sapi di Gunungkidul cukup. ”Masyarakat tidak perlu khawatir stok daging di Gunungkidul cukup,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI