Masih Pandemi, Rencana Pemberangkatan Calon Transmigran Tertunda

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Rencana pengiriman transmigran dari Kabupaten Gunungkidul tahun ini ditunda akibat terdampak pandemi covid 19 yang juga melanda di Indonesia. Kepala Bidang Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Wahid memjelaskan pada tahun anggaran 2020 ini, Gunungkidul mendapatkan kuota sebanyak 15 KK yang akan diberangkatkan ke berbagai daerah di luar Jawa.

Dari kuota tersebut, sudah ada 13 KK yang mendaftar dan siap diberangkat, tetapi tahapan untuk seleksi dan pelatihan tengah berproses, terjadilah pandemi Covid-19 dan rencana pengiriman transmigran terbanyak tujuam Kalimantan dibatalkan.

“Para catran tersebut akan mengambil kontrak sekitar 10 tahun untuk mengembangkan bidang pertanian,” ujarnya. Selasa (7/7/2020).

Awalnya dengan kuota tersebut pemerintah kabupaten bekerjasama dengan lembaga tertentu akan melakukan seleksi administrasi dan memberikan pelatihan terlebih dahulu. Namun tahapan itu belum dilalui, wabah korona telah terjadi di berbagai daerah. Maka dari itu, pemerintah kemudian melakukan penundaan terlebih dahulu dengan berbagai pertimbangan.

BERITA REKOMENDASI