Mayor Sunaryanto Bantu 600 Tangki Air Bersih

WONOSARI, KRJOGJA.com – Tokoh masyarakat Mayor Sunaryanta Warga Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul membantu air bersih sebanyak 600 tangki di wilayah terdampak kekeringan di 16  kecamatan dan kegiatan bakti sosial ini dimulai sejak Kamis (01/08/2019).

Bantuan air bersih dimulai dari wilayah krisis air terparah di Dusun Piyuyon, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul untuk 130 Kepala Keluarga (KK) dan secara marathon akan dilanjutkan untuk  kecamatan lain yang hingga kini mengalami kesulitan air bersih. “Bantuan akan kami serahkan juga untuk  16 kecamatan terdampak kekeringan yang kini mengalami kekurangan air,” kata Koordinator Kegiatan Baksos Mayor  (Purn) Slamet di Dusun Piyuyon, Semanu, Gunungkidul  Kamis (01/08/2019).

Ditambahkan Dukuh Piyuyon, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul Sri Muryati, dampak musim kemarau tahun ini dirasakan cukup parah dibanding dengan kemarau tahun sebelumnya. Jumlah warga terdampak kekeringan, terdapat 564 jiwa di wilayahnya mengalami kekurangan air. 

Jaringan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang tiap tahun tidak pernah kering, kini sudah lebih sebulan tidak berfungsi hingga warganya terpaksa harus membeli air dari swasta yang harganya bervariatif antara Rp 130 ribu-Rp 150 ribu. Tidak hanya ternak milik warga yang dijual untuk membeli air, termasuk hasil panen juga habis untuk membeli air bersih. “ Tahun ini kekeringan terjadi cukup parah dibanding tahun lalu,” imbuhnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI