Mie Boraks Pernah Ditemukan di Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Energi Sumber Daya Manusia (DisperindagkopESDM) Gunungkidul mengimbau masyarakat mewaspadai peredaran mie mengandung boraks. Terlebih baru saja terjadi penggrebekan mie mengandung borak di wilayah Bantul yang berbatasan langsung dengan Gunungkidul.

“Pembeli harus lebih jeli ketika membeli mie. Karena mie mengandung borak pernah ditemukan di wilayah Gunungkidul,” kata Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen DisperindagkopESDM Gunungkidul Supriyadi, Jumat (12/08/2016).

Diungkapkan, upaya pengawasan sudah dilakukan secara maksimal. Dinas bersama tim gabungan sudah melakukan pengawasan di pasar tradisional yang menjual mie. Dalam pemantauan di beberapa pasar menjelang lebaran beberapa waktu yang lalu memang tidak ditemukan mie borak, hanya saja memang ada temuan makanan yang mengandung zat berbahaya. Sehingga disita bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

Supriyadi menambahkan, untuk pencegahan, pembeli harus cermat ketika membeli mie. Produk yang mengandung borak biasanya lebih kenyal, warnanya kekuningan dan menimbulkan bau. (Ded)

BERITA REKOMENDASI