Mudik Dilarang, Pengiriman Paket Meningkat 80 Persen

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dampak pelarangan mudik menyebabkan naiknya Paket Lebaran dari berbagai kota besar ke Gunungkidul meningkat. Dalam dua hari seminggu menjelang Lebaran (H-6) terjadi lonjakan signifikan dengan kenaikan dari sebelumnya antara 70 – 80 persen.

“Dalam beberapa hari ini tiap hari, menangani sekitar 700 kilogram paket dari berbagai kota di Indonesia,” kata Manajer Operasional PT Pos Indonesia Cabang Wonosari, Yudha Anggawa Dewantoro.

Data kumulatif jumlah peket terbanyak berasal dari sekitar Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Jakarta. Paket yang dikirimkan kebanyakan berupa kebutuhan pokok seperti makanan hingga kue kering.

Meningkatnya arus pengiriman paket barang dan makanan ini diperkirakan arus keluar-masuk paket akan kembali normal sekitar H+3 Lebaran. Meskipun ada peningkatan, dibanding hari biasa tetapi jika dibanding dengan lebaran tahun sebelumnya mengalami penurunan sekitar 15 persen.

”Untuk pelayanan Kantor Pos Wonosari tetap membuka pelayanan saat puncak Hari Raya Idul Fitri nanti. Namun jam operasional dibatasi hanya sampai pukul 14.00 WIB,” ucapnya.

Salah satu penerima paket Sumarjo (50) menyatakan sudah 2 tahun belakangan anaknya yang di perantauan tidak bisa pulang tepat menjelang Idul Fitri. Anaknya mengirimkan sejumlah barang dan makanan. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI