Musim Penghujan Tiba, BBWS Serayu Opak Ajak Masyarakat Panen Air

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com  – Musim penghujan yang sudah tiba merupakan kesempatan terbaik untuk memanen air hujan. Hal ini karena dari tahun ke tahun, sumber air bersih semakin berkurang. Selain itu juga semakin banyaknya alih fungsi lahan dan pertumbuhan pemukiman penduduk yang kian padat.

Hal tersebut mengemuka dalam sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan air hujan yang diselenggarakan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Rabu (28/10/2020) di Pendopo Pusat Informasi Pariwisata Gunungkidul dengan penerapan protokal kesehata yang ketat.

Acara yang dihadiri 50 peserta dari Kapanewon Patuk, Nglipar, dan Saptosari ini menampilkan tiga narasumber yaitu Kepala Lab dan Bengkel Hidraulika dan Lingkungan Sekolah Vokasi UGM M Sulaiman, Sri Wahyuningsih dari Komunitas Banyubening dan Subkoordinator Pelaksana Tugas Perencanaan Umum BBWS Serayu Opak, Shakti Rahadiansyah.

Pelaksana kegiatan GNKPA Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Riga Kitty mengungkapkan kegiatan ini sekaligus sebagai pembekalan kepada masyarakat tentang bagaimana mengoperasikan alat pemanen air hujan, pemeliharaan, dan cara mengolah air hujan.

“Pemanfaatan air hujan dianggap solusi alternatif, melihat air hujan belum dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, masyarakat (komunitas) juga merupakan bagian dari Water Governance,” kata Riga.

Dikatakannya, acara yang juga bisa disaksikan secara virtual melalui Zoom metting dan kanal YouTube milik BBWS Serayu Opak ini merupakan hasil kerja sama dengan mitra-mitra Balai Serayu Opak yakni dari UGM dan Komunitas Banyu Bening.

M Sulaiman Kepala Lab. dan Bengkel Hidraulika dan lingkungan Sekolah Vokasi UGM memaparkan bagaimana cara kerja alat pemanen air hujan sehingga masyarakat bisa mengoperasikannya dengan mudah. Pembicara kedua, Sri Wahyuningsih dari Komunitas Banyu Bening ini menjelaskan terkait pengolahan dan pemanfaatan air hujan untuk keberlangsungan hidup.

Pemateri terakhir, Subkoordinator Pelaksana Tugas Perencanaan Umum BBWS Serayu Opak Shakti Rahadiansyah yang menjelaskan tentang program kemitraan GNKPA.

BERITA REKOMENDASI