Nglipar, Ngawen dan Gedangsari Prioritas Pembangunan Infrastruktur

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kawasan utara Kabupaten Gunungkidul terdiri Kecamatan Nglipar,Ngawen dan Gedangsari akan dijadikan prioritas pembangunan berbagai sarana infrastruktur untuk menunjang program penanganan kemiskinan. Pertimbangan memprioritaskan ke tiga kecamatan tersebut berkaitan dengan masih tingginya angka kemiskinan hingga tahun ini.

”Saat ini masih dalam tahap review Tata Ruang dan Tata Wilayah khususnya zona utara sebelum akhirnya kan disahkan menjadi Perda akhir tahun ini,” kata Kepala Bidang Fisik dan Pra Sarana Bappeda Kabupaten Gunungkidul, Bambang Riyanto.

Menyikapi hal tersebut, pihaknya meminta agar dalam penyusunan RTRW dibangun satu kawasan strategis percepatan pertumbuhan ekonomi baru. Dengan adanya kawasan ini, maka diharapkan nantinya industri bisa tumbuh dan berujung kepada kesejahteraan masyarakat.

Baca juga :

Hiu Paus Mati Terdampar di Pantai Congot
Persoalan Sampah Merupakan Masalah Kebangsaan

Setelah RTRW ditetapkan harus ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana detailnya tentang pola ruangnya. Setelah kawasan strategis tersebut dibuka, semua lini pun akan mendapatkan dampak positif seperti diantaranya bidang pertanian, pariwisata, infrastruktur dan juga ekonomi bisa diperkirakan akan terus meningkat. ”Selama ini kita melihat kawasan utara stuck (macet), seperti tidak ada yang bisa diharapkan karena tidak sesuai dengan tata ruang,” imbuhnya.

Harapannya, dengan dibukanya kawasan strategis ini semua sektor bisa masuk meskipun zona utara cukup rawan longsor, namun bisa disiasati dengan perizinan untuk pengembangan berbagai potensi yang ada. Nantinya harus ada izin jika akan ada pembangunan infrastruktur dari investor dan dibuat kajian lingkungan dan dilakukan rekayasa teknik, misalnya kontur tanahnya yang ekstrem rawan longsor agar tetap bisa disiasati. (Bmp)

BERITA TERKAIT