Ngoro-oro – Patuk, Inovasi Menuju Desa Wisata Sehat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Keberadaan desa wisata dengan keindahan alam dan udara segarnya saat ini menjadi daya tarik para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara, apalagi pada masa pandemi Covid-19. Tim UKM Indonesia Bangkit Universitas Ahmad Dahlan (UAD) selama 3 bulan, dimulai bulan Oktober sampai akhir Desember 2020 berupaya menciptakan inovasi-inovasi untuk mendukung sektor pariwisata di wilayah Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul dan sekitarnya.

Dr Surahma Asti Mulasari MKes, selaku Ketua Tim UKM Indonesoa Bangkit mengatakan, inovasi-inovasi tersebut diantaranya pembentukan dan pengembangan sentra UKM “UKM Bangkit”, pembuatan dan pengembangan teknologi informasi, sistem informasi dan media komunikasi untuk mendukung UKM Bangkit. Sektor pariwisata seperti sistem informasi reservasi desa wisata, sistem informasi portal desa wisata, sistem informasi pengelolaan keuangan organisasi.  “Selain itu juga inovasi pembelajaran di lingkungan luar dalam bentuk wahana-wahana outbond sebagai paket wisata dan daya tarik wisata termasuk permainan-permainan tradisional,” ujarnya, Senin (30/11/2020).

Program ini didanai penuh oleh Kemenristek/BRIN dan diusung oleh Tim UKM Indonesia Bangkit UAD dengan tim Dr Surahma Asti Mulasari MKes, Dr Fatwa Tentama MSi, Herman Yuliansyah ST MEng, Lu’lu’ Nafiati SE MSc, Sulistyawati MPH dan Tri Wahyuni Sukesi MPH. “Program ini merupakan kolaborasi dari disiplin ilmu kesehatan masyarakat, teknik informatika, psikologi dan ekonomi sehingga inovasi-inovasi yang diterapkan dapat saling melengkapi dan maksimal penerapannya,” ungkapnya.

Disebutkan Surahma, program UKM Indonesia Bangkit ini melibatkan beberapa pihak yaitu Dinas Pariwisata Gunungkidul, Kecamatan Patuk Gunungkidul, Desa Ngoro-oro dan LPPM UAD yang hadir pada agenda serah terima alat dan penandatanganan berita acara serah terima alat Kamis, 26 November 2020 di Balai Desa Ngoro-oro. Hadir saat itu Haryo Ambar Suwardi, Camat Patuk, Sukasto, Kepala Desa Ngoro-oro, Sudjarwono, SH dari Dinas Pariwisata Bidang Industri dan Kelembagaan, Anton Yudhana ST MT PhD, Kepala LPPM UAD, Beni Suhendra Winarso, SE MSi, Kepala bidang PPM dan KKN UAD dan para kepala dusun di wilayah Ngoro-oro.

Serah terima alat sebagai pendukung program UKM Indonesia Bangkit berupa peralatan adminitrasi kantor, peralatan multi media untuk membuat konten sosial media, peralatan diversifikasi makanan lokal, peralatan pendukung pemasaran digital, dan peralatan outbond serta wahana outbond.

BERITA REKOMENDASI