Obwis Gunungkidul Masih Tutup, Ribuan Wisatawan Diminta Putar Balik

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Ratusan wisatawan berusaha memasuki kawasan wisata Pantai Selatan dan Goa Pindul dalam dua hari ini. Dari ratusan wisatawan yang kebanyakan mengendarai motor itu terpaksa dihalau petugas dan diminta untuk putar balik.

“Kita belum mulai membuka pelayanan wisatawan dan masih menunggu proses memasuki New Normal,” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Ir Asti Wijayanti MA kepada KRJOGJA.lcom, Senin (15/06/2020).

Terkait dengan pembukaan kembali obyek wisata saat ini Pemkab Gunungkidul, saat ini pemkab tengah melakukan proses dengan diawali simulasi seprti Gunung Api Purba Nglanggerang, Kalisuci Semanu maupun kawasan pantai selatan. Hasil simulasi ini masih terus dikaji dengan harapan setelah dibuka nanti bisa diberlakukan protokol kesehatan kepada para wisatawan. “Kita berharap nantinya kawasan wisata terbebas dari penyebaran Covid-19 dan tidak ada lagi klastet baru di Gunungkidul,” imbuhnya.

Seme3ntara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono menjelaskan hingga Minggu sore kemarin pihaknya mencatat sedikitnya lebih dari delapan ratus kendaraan baik roda dua maupun empat yang hendak berkunjung ke pantai selatan wilayah timur. Tak hanya itu, pihaknya juga mencatat adanya puluhan kendaraan lainnya yang terpantau hendak berkunjung ke pantai sisi barat.

Dari pagi sampai siang laporan dari Pos Baron dan JJLS sudah menghimbau kepada pengunjung untuk putar balik masing-masing pos kurang lebih 50 mobil dan 100. “Mereka diminta untuk putar balik karena seluruh obwis memang belum secara resmi dibuka kambali,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI