Operasi Yustisi di Gunungkidul, 2.437 Pelanggar Diberikan Teguran

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Mendukung penanggulangan Covid-19, Sat Pol PP Gunungkidul menggencarkan Operasi Yustisi berkait dengan penggunaan masker. Berdasarkan data terdapat 2.437 warga yang diberikan teguran tertulis maupun lisan.

“Terdapat 774 warga diberikan teguran tertulis, sedangkan 1.663 pelanggar mendapat teguran lisan,” kata Plt Kasat Pol PP Gunungkidul, Heri Sukaswadi di Wonosari, Rabu (14/10/2020).

Diungkapkan, operasi yustisi yang menjaring ribuan pelanggar ini menyasar 18 kecamatan di Gunungkidul. Periodenya selama 12 kali dalam kurun waktu pertengahan hingga akhir September 2020.

Pelaksanaan operasi menyasar perorangan, yang beraktivitas di luar rumah. Terdapat 533 pelanggar di kawasan pariwisata dan 398 pelanggar dari kegiatan masyarakat. “Warga yang melanggar rata-rata membawa masker namun tak dipakai, serta menggunakan masker namun keliru,” imbuhnya.

Heri menambahkan, bagi para pelanggar diberikan sanksi administratif. Mulai dari pembinaan yakni bela negara dan kerja sosial. Untuk sanksi bela negara pelanggar menyanyikan lagu kebangsaan, lagu-lagu nasional serta menghafal Pancasila.

Sementara sanksi sosial berupa kegiatan sukarela pembersihan lingkungan di area operasi yustisi. “Operasi Yustisi akan terus dilaksanakan, guna memastikan warga patuh terhadap protokol kesehatan. Sehingga mendukung pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI