Pandemi Covid-19, Guru Dibekali Penguasaan TI

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Mendukung pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, sejumlah sekolah di Gunungkidul memberikan pelatihan bagi guru. Kegiatan bertujuan membekali kemampuan Teknologi Informasi bagi guru untuk mensukseskan pembelajaran dalam jaringan (daring).

Salah satunya seperti yang dilakukan SMPN 4 Ponjong dengan mengadakan ‘workshop’ pemanfaatan Teknologi Informasi (TI). Kegiatan selama dua hari menghadirkan narasumber Sigit Suryono MPd dari Duta Rumah Belajar DIY yang juga guru SMPN 1 Wonosari.

“Program secara berkelanjutan akan ditingkatkan sesuai kebutuhan pendidik. Materi yang disampaikan berupa pembuatan ‘website, edublog, google classroom’ dan aplikasi pendukung lainnya. Pemanfaatan TI dalam pembelajaran di era sekarang harus dilakukan pendidik dan Tenaga Kependidikan di sekolah. Tidak hanya di situasi pandemi Covid-19 saja, tetapi pasca pandemic nanti pasti terus meningkat. Hal ini sejalan dengan program Gunungkidul ‘smart city’ menuju Gunungkidul cerdas,” ujar Kepala SMP N 4 Ponjong, Wahono Budi Rustanto, SPd, Selasa (01/09/2020).

Pengawas Pembina Sekolah Bambang Pracaya SPd MM berharap, guru dapat merencanakan proses pembelajaran. Sehingga pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) benar-benar dapat dipahami peserta didik. Agar daring atau pencapaian Belajar Di Rumah (BDR) di masa pandemi Covid-19 dapat berjalan maksimal.

BERITA REKOMENDASI