Panitia Pilkades Desa Wonosari Disomasi

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul disomasi salah satu bakal calon pendaftar, Drasilva Ari Sandi warga Purbosari Wonosari, Senin (01/09/2019) kemarin. Somasi ini dilakukan terkait adanya perbedaan pemahaman antara hari kerja dan hari kalender.

Melalui kuasa hukumnya, Tomy Harahap SH menuding panitia pilkades gagal memahami peraturan bupati mengenai tata cara pilkades. "Salah satunya adalah pendaftarannya menggunakan hari kerja. Namun panitia menggunakan hari kalender sehingga pendaftaran sampai pada hari Minggu (29/09/2019) dinyatakan sebagai hari kerja," terang Tomy Harahap.

Baca juga :

Gunungkidul Bebas Penyakit Rabies
422 ASN Gunungkidul Pensiun

Tomy Harahap mengatakan jika mengacu pada hari kerja, semestinya menggunakan aturan jelas dimana hari kerja adalah Senin sampai dengan hari Jumat, sedangkan hari Sabtu dan Minggu itu bukan hari kerja. Hal ini didasarkan pada peraturan bupati nomor 18 tahun 2014 tentang hari kerja dan jam kerja pada kantor desa.

Dengan demikian Tomy Harahap menganggap hal tersebut merupakan pelanggaran. Atas dasar itulah maka kliennya yang berusaha mendaftarkan diri gagal karena tidak mungkin melengkapi berkas pendaftaran pada hari Minggu. Tidak hanya itu, ia juga melihat pengumuman pendaftaran juga cacat hukum.

“Dalam pengumuman itu  tidak mencantumkan syarat-syarat dan mekanisme yang diatur dalam peraturan bupati nomor 40 tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan peraturan daerah kabupaten Gunungkidul Nomor 5 tahun 2015 tentang Kepala Desa," imbuhnya.

Padahal sesuai aturan penyampaian pengumuman wajib mencantumkan syarat-syarat dan mekanisme pendaftaran bakal calon kepala desa. Terkait dengan hal tersebut pihaknya meminta panitia untuk merevisi pengumuman dengan membuat pendaftaran ulang sesuai dengan aturan yang ada. Jika permintaan tersebut tidak dilakukan maka akan membawa persoalan ini  Peradian Tata Usaha Negara (PTUN).

Menanggapi Somasi ini, Ketua Panitia Pilkades Desa Wonosari Sumardi mengaku akan membahas bersama panitia. Dalam menyampaikan pengumuman dia mengaku sudah  sesuai kesepakatan yakni selama sembilan hari kerja akhirnya dibuat tata tertib dimana hari Minggu pendaftaran dibuka sampai jam 12.00 WIB.

Diakuinya keputusan membuka pendaftaran sekaligus mengambil berkas pada tanggal 21 sampai dengan 29 September 2019 telah berdasarkan aturan petunjuk dari Pemkab. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI