Pantai Kukup, Tanah Lotnya Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Gunungkidul memiliki banyak kawasan pantai. Salah satu yang menarik yakni keberadaan Pantai Kukup. Jika Tanah Lot terdapat pulau karang dengan pura di atasnya, di sisi timur Pantai Kukup juga terdapat pulau karang yang dihubungkan melalui jembatan.

Perbedaannya di pulau tersebut tidak ada pura, melainkan gardu pandang yang bisa menjadi tempat wisatawan beristirahat serta melihat pemandangan indah. Panorama ini yang sering orang menyebut Pantai Kukup menjadi Tanah Lotnya Yogyakarta.

”Gunungkidul memang memiliki banyak alternatif pilihan kawasan pantai. Salah satunya keindahan di Pantai Kukup,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Asti Wijayanti.

Pantai Kukup memang memiliki keindahan, karena pasir putih serta memiliki air yang jernih. Bahkan para pengunjung bisa berteduh di bawah karang. Karena garis pantai di Pantai Kukup tidak terlalu panjang.

Selain Pantai Kukup, alternatif lokasi lain yang menarik yakni Pantai Sepanjang. Kawasan ini memiliki pasir putih dan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Lokasi kawasan pantai memang menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan untuk menghabiskan liburan akhir tahun.

”Wisatawan bisa memilih pantai karena cukup banyak alternatifnya,” tambah Kepala Bidang Pemasaran Bina Usaha Yuni Hartini MSi.

Dibagian lain Asti Wijayanti menambahkan, guna membantu wisatawan dalam mengakses informasi kawasan wisata, juga telah dibuka pusat layanan. Selain di kantor dinas, juga di Patuk, kawasan Goa Pindul, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pulang Syawal dan Pantai Wediombo.

Selain itu memaksimalkan tempat rest area wisatawan, seperti di area Bunder, Rest Area Saptosari, rumah makan, SPBU dan masjid di jalur wisata. Agar lebih siap dalam menyambut kunjungan wisatawan,” imbuhnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI