Parpol Usulkan Dua Opsi ke KPU

Editor: Ivan Aditya

WONOSARI, KRJOGJA.com – Sejumlah partai politik (parpol) di Gunungkidul mengusulkan agar KPU mengajukan dua dari tiga opsi daerah pemilihan (dapil) yang di uji publik ke pusat. Masukan tersebut menguat dalam pelaksanaan Uji Publik Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Gunungkidul dalam Pemilu 2019 yang digelar KPU Gunungkidul di salah satu rumah makan di Wonosari, Kamis (08/02/2018).

“Kami mengusulkan agar pemilu 2019 tetap menggunakan dapil yang sama pada tahun 2014,” kata Sugito dari PDI Perjuangan.

Sebelumnya KPU memberikan draf dapil sebanyak tiga opsi yakni usulan pertama sama dengan pemilu 2014 yaitu Dapil I meliputi Kecamatan Semanu, Wonosari dan Playen (12 kursi), Dapil II Patuk, Gedangsari, Nglipar dan Ngawen (9 kursi), Dapil III Semin, Karangmojo dan Ponjong (10 kursi), Dapil IV Tepus, Rongkop, Girisubo dan Tanjungsari (7 kursi) dan Dapil V Saptosari, Paliyan, Panggang dan Purwosari (9 kursi).

Usulan kedua yakni Dapil I Wonosari dan Playen (9 kursi), Dapil II Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen (10 kursi), Dapil III Semin, Karangmojo dan Ponjong (10 kursi), Dapil IV Semanu, Rongkop, Tepus, Girisubo (9 kursi) dan Dapil V Panggang, Paliyan, Tanjungsari, Saptosari dan Purwosari (9 kursi). “PAN mengusulkan KPU mengajukan opsi dua dalam pemilu mendatang,” ucap Anwarudin Sekretaris DPD PAN Gunungkidul.

Untuk opsi ketiga yakni Dapil I Semanu, Wonosari, Nglipar (10 kursi), Dapil II Patuk, Gedangsari dan Playen (8 kursi), Dapil III Semin, Karangmojo dan Ngawen (9 kursi), Dapil IV Ponjong, Rongkop, Girisubo dan Tepus (9 kursi) dan Dapil V Panggang, Paliyan, Tanjungsari, Saptosari dan Purwosari (9 kursi).

“Hasil uji publik akan dibawa ke pleno di KPU. Nantinya akan diajukan ke pusat. Untuk sementara usulan paling kuat yakni opsi pertama dan kedua,” imbuh Ketua KPU Gunungkidul Muhammad Zaenuri Iksan.

Dalam uji publik selain dihadiri perwakilan parpol, juga Ketua KPU DIY Hamdan, Ketua Panwaslu Gunungkidul Antok, dinas terkait, mantan komisioner KPU dan pihak terkait. (Ded)

BERITA REKOMENDASI