Patani di Tepus Resah, Kawanan Kera Rusak Tanaman Pangan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Ratusan warga Desa Tepus Kabupaten Gunungkidul mengeluhkan ulah ratusan kera ekor panjang (Macaca fascicularis) yang mulai mulai merusak tanaman pangan, buah-buahan. Untuk mengantisipasi serangan kera ekor panjang kini petani harus menunggui lshan pertanian dan menghalau kawanan kera agar terhindar dari serangan.

“Persediaan makanan kera pada habitatnya telah mulai menipis dan kini satwa tersebut merusak tanaman di ladang” kata Supardi salah satu warga Kecamatan Tepus, Gunungkidul Supardi, Minggu (7/6/2020).

Dari segerombolan kera ekor panjang paling nekat yang berada di sekitar kawasan pantai di Kecamatan Tepus. Kawanan kera ini semula berada di habitatnya sekitar perbukitan dan goa sekitar pantai. Karena persediaan makanan di habitatnya menipis kemudian masuk ladang dan menjarah tanaman ketela dan palawija. Warga kini bingung akan dibunuh bertentangan dengan undang-undang lingkungan hidup dan pelestarian binatang dilindungi, tetapi jika dibiarkan masyarakat merasa terganggu.

BERITA REKOMENDASI