PDAM Ganti Pipa Dalam Kota

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Usulan PDAM Tirta Handayani kepada Kementerian PUPR untuk meremajakan pipa dalam kota yang usianya sudah tua telah disetujui. Untuk tahap I ini dilakukan pengganian pipa sepanjang 600 meter mulai dari depan kantor DPRD sampai Simpang Empat RSUD Wonosari.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Gunungkidul, Isnawan Febrianto SE MM mengatakan, penggantian pipa yang sudah usang dan sering bocor akan dilakukan secara bertahap. Lewat Satuan Kerja Peningkatan Penyediaan Air Minum Yogyakarta mulai dipasang pipa berukuran 10 Inci untuk mengganti pipa lama yang ditanam tepat dibawah badan jalan.

Tetapi pemasangan pipa yang baru ini tidak lagi dibadan jalan tetapi di pinggiran, agar ketika terjadi keocoran tidak mengganggu pengguna jalan. “Penggantian pipa ini secara bertahap sesuai dengan usulan yang disampaikan Pemkab Gunungkidul dan PDAM,” katanya kepada KRjogja.com, Jumat (30/09/2016).

Total pipa yang akan dilakukan peremajaan ada sekitar 5.000 meter meliputi wilayah dalam kota, namun akan dlakukan sewcara bertahap sampai dengan 2019. Sementara itu terkait dengan pemasangan sambungan air di rumah-rumah terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (PBR) pada 2016, ini sudah selesai dilakukan sebanyak 1.166 sambungan rumah (SR) bantuan dari Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Bantuan SR baru untk mengatasi kekeringan  ini dilakukan selama 3 tahun, yakni mulai 2015 sebanyak 1.500 SR, 2016 sebanyak 1166 SR dan 2017 nanti juga 1.166, sehingga totalnya ada 3.832 SR.

Direktur Umum PDAM Wastono ST yang ditemui terpisah mengatakan, penyambungan dan ujicoba SR baru sudah dan selesai tinggal menungu pencairan dana pegganti dari Pemkab Gnungidul dalam penyertaan modal PDAM. Sedangkan untuk penyambungan SR pada 2017 ini saat ini baru tahap pendaftaran calon penerima sampai akhir Oktober 2016,  yakni diprioritaskan bagi warga yang berpenghasilan rendah dengan syarat listrik yang dimiliki maksimal berkapasitas 1.300 watt dan melampirkan KTP. (Awa)

BERITA REKOMENDASI