Pedulian Gunungkidul, Bantu Warga Setelah Bencana

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Hujan lebat di kawasan Gunungkidul sejak Selasa (28/11/2017) menyisakan dampak buruk bagi warga. Banjir dan tanah longsor telah menimpa kurang lebih 18 titik di Gunungkidul.

Relawan Aksi Berbagi Handayani, gabungan dari mahasiswa yang dipelopori oleh Gunungkidul Menginspirasi dan Rumah Belajar Rakyat Gunungkidul bekerjasama untuk ikut andil dalam membantu korban bencana. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan mahasiswa, baik berupa lembaga, organisasi, ataupun komunitas yang ikut menjadi relawan.

Kegiatan Aksi Berbagi Handayani yang bertema Aliansi Solidaritas Kemanusiaan ini dilaksanakan mulai 28 November-12 Desember 2017. Terdapat 2 posko, yaitu Rumah Belajar Rakyat dir Besari 02/02, Siraman, Wonosari, Gunungkidul dan WALHI Jogja, Jl. Nyi Pembayun 14A, Kotagede, Yogyakarta.

Dari data Humas & Asseesment Relawan Aksi Berbagi Handayani, relawan untuk evakuasi dan bantuan telah disebar pada seluruh titik. Jumlah korban banjir dan tanah longsor di Gunungkidul mencapai 8 kecamatan, yaitu Semin, Karangmojo, Semanu, Playen, Ponjong, Patuk, dan Tanjungsari. Total keseluruhan kurang lebih 500 KK.

“Kegiatan ini diikuti sekitar 350 relawan mahasiswa yang mencakup divisi trauma healing, resque, kesehatan, bersih lingkungan, dan kesekretariatan donasi. Itu ada yang mengurus donasi di posko dan terjun langsung ke lapangan untuk ikut evakuasi” ujar Joko Susilo selaku Koordinator Umum Relawan Berbagi Handayani.(Efi Pujijayanti)

BERITA REKOMENDASI