Pelantikan Bupati Terpilih Diperkirakan Ditunda

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Rencana pelantikan Bupati Gunungkidul terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 diperkirakan akan mengalami penundaan dari jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih SE menyatakan penundaan tersebut sangat dimungkinkan karena berdasarkan informasi dari Kemendagri wacana penundaan muncul lantaran sampai saat ini proses sengketa gugatan Pilkada daerah lain masih berlangsung dan prosesnya menjadi wewenang Mahkamah Konstitusi (MK) RI.

Lantaran adanya penundaan tersebut, secara otomatis akan ada masa perpanjangan jabatan. Surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah diterima dan nantinya untuk sementara menunggu dilantik, jabatan bupati akan diisi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai pelaksana tugas (Plt).

Karena masih menunggu proses gugatan pilkada dari daerah lain maka kemungkinan pelantikan Bupati terpilih akan mundur beberapa bulan ke depan. Namun pihaknya mengaku sudah mengajukan usulan ke Pemerintah DIY agar pelantikan bisa lebih dipercepat. “Mudah-mudahan usulan disetujui dan palantikan Bupati Gunungkidul bisa dipercepat,” ucapnya.

Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani ketika dihubungi secara terpisah mengatakan Kemendagri RI awalnya merencanakan pelantikan pada 17 Februari2021 mendatang. Namun hingga saat ini belum ada informasi lagi baik secara teknis maupun waktu pelaksanaannya dan informasi terakhir pelantikan bupati terpilih berpotensi terjadi penundaan karena sengketa Pilkada daerah lain. Sedangkan sesuai jadwal pelaksanaan pelantikan bupati akan dilakukan serentak seIndonesia.

“Teknis pelantikan hingga perpanjangan masa jabatan saat ini sudah menjadi wewenang Kemendagri, dan bukan KPU” terangnya. Penetapan Bupati-Wakil Bupati terpilih sudah dilakukan KPU Gunungkidul pada 22 Januari 2021 silam. Dalam penetapan tersebut Calon Bupati Pasangan SunaryantaHeri Susanto yang dinyatakan memenangkan Pilkada 2020. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI