Pelatihan Media Pembelajaran dengan Aplikasi Geogebra

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Era industri 4.0 hampir semua kegiatan berbasis Information Technology (IT). Begitu juga di dunia pendidikan, sarana dan prasana dalam proses belajar mengajar sudah dituntut untuk memanfaatkan IT, salah satunya media pembelajaran.

“Media pembelajaran Matematika dapat dibuat dengan berbagai macam aplikasi, salah satu diantaranya adalah Geogebra. Geogebra merupakan software Matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran Matematika,” kata Drs Romelan Hamzah MPd, dosen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Sabtu (13/02/2021).

Menurut Romelan Hamzah, aplikasi Geogebra dapat digunakan untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep matematis serta alat bantu untuk mengkonstruksi konsep tersebut. Romelan Hamzah menyampaikan hal tersebut terkait dengan Pengabdian Kepada Masyarakat bertema ‘Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis IT Menggunakan Geogebra’ di SD Muhammadiyah Beji, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul. “Pelatihan ini diikuti guru-guru SD Beji Playen Gunungkidul,” ujar Romelan Hamzah selaku Ketua Tim Pelatihan dengan anggota Dra Sumargiyani MPd dan dua orang mahasiswa, yakni Sukaji dan Widya Abi Nurwanto.

Pelatihan dan pendampingan pembelajaran berbasis IT menggunakan media Geogebra di SD Muhammadiyah Beji Playen Gunungkidul untuk memberikan wawasan mengenai media pembelajaran berbasis IT. Selain itu, melatih peserta agar mampu menguasai aplikasi Geogebra agar nantinya peserta dapat menciptakan media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.

Kegiatan berlangsung selama empat hari, bertempat di SD Muhammadyah Beji Kabupaten Gunungkidul dengan diikuti oleh guru-guru dari SD Muhammadiyah Beji. Dijelaskan Romelan Hamzah, terdapat dua komponen yang diberikan dalam pelatihan ini.

Pertama, teknologi dan pembelajaran Matematika, model-model Matematika dan media pembelajaran Matematika. Kedua, pengenalan Geogebra, pembuatan garis, bidang datar, bangun ruang dan animasi dengan menggunakan Geogebra.

Selaku anggota Tim Pelatihan, Dra Sumargiyani MPd menambahkan, dari kegiatan tersebut, diperoleh hasil dan masukan dari para peserta, diantaranya peserta mendapatkan pengalaman mengenai Geogebra yang sebelumnya belum pernah didapatkan. Setelah usai pelatihan akan tindaklanjuti penggunaan aplikasi Geogebra ini untuk pembuatan modul, penggunaan aplikasi geogebra ini akan dipergunakan untuk pengajaran di kelas dan dalam pembuatan soal Matematika. (Jay)

BERITA REKOMENDASI