Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami dari Sere Wangi

Editor: Ary B Prass

 

GENDANGSARI, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 menuntut semua orang harus mematuhi protokol kesehatan agar penyebaran Covid- 19 tidak semakin meluas yang disebut gerakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau meggunakan handsanitizer, menjaga jarak, menjahui kerumunan dan membatasi mobilitas dan interaksi. “Handsanitizer dapat dibuat dengan bahan alami salah satunya adalah sere wangi. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara pembuatan handsanitizer alami ini, padahal cara pembuatannya dapat menggunakan peralatan memasak yang ada di rumah,” kata Apik Rusdiarna IP SSi MT, Kamis (23/09/2021).

Untuk wadah atau dispenser hansanitizer ada yang berupa botol spray sehingga dapat di bawa kemana-mana,  ada kalahnya  di tempat umum juga terdapat hansanitizer, wadahnya disentuh oleh banyak orang,  sehingga ada potensi penularan.

Oleh karena itu, Prodi Fisika Faculty of Applied and Science Technology (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  tergerak untuk menjalankan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) dengan tim pelaksana yang di Ketuai oleh Apik Rusdiarna Indra Praja SSi MT, bersama anggota tim  Umi salamah, SSi MSc, bekerja sama dengan ranting Muhammadiyah Desa Serut Kapanewon Gendangsari Kabupaten Gunungkidul beserta jajaran Satgas Covid-19 untuk mitigasi Covid-19 di Desa Serut.

 

BERITA REKOMENDASI