Pemasangan 150 Unit LPJU di Gunungkidul Dibatalkan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kebijakan refocusing anggaran terkait untuk penanganan Covid 19 dilakukan Pemkab Gunungkidul dibatalkan termasuk untuk pemasangan ratusan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perparkiran, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Ely Siswanta menyatakan, berdasarkan rencana awal, pada tahun anggaran 2020 ini, pemerintah akan melakukan pengadaan dan pemasangan 150 unit lampu penerangan jalan umum.
Belum proses pengadaan dilakukan, kemudian terjadi refocusing anggaran. ”Anggaran untuk program PJU tersebut ditarik sehingga program pengadaan tidak jadi terealisasi,” katanya.

Penerangan jalan yang ada dalam perencanaan untuk PJU Tenaga Surya sebanyak 84 lampu dan untuk PJU Listrik sebanyak 66 unit. Dengan tidak terealisasinya program tersebut, maka ratusan titik ruas jalan kabupaten di Gunungkidul batal mendapatkan pemasangan LPJU.

Adapun anggaran untuk PJU mulanya tersedia dana sekitar Rp 2,5 miliar. Pengusulan penambahan PJU di ruas jalan kabupaten di seluruh Gunungkidul nantinya akan dilakukan kembali pada tahun anggaran 2021. Saat ini pemerintah sedang membahas APBD Perubahan, namun untuk program PJU ini sementara tidak diusulkan. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI