Pembangunan Bejiharjo Edupark Dianggarkan Rp 1,348 M

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Desa wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo terus menggeliat. Setelah objek wisata (Obwis) Goa Pindul mendunia, sekarang menjadi pilot proyek atau proyek percontohan pembangunan wisata edukasi yang dinamakan Bejiharjo Edupark. Bangunan yang menempati luas lahan 1,7 hektare ini dibiayai dari Kementerian Desa (Kemendes) sebesar Rp 1,348 miliar. Bejiharjo Edupark akan menjadi wisata edukasi dalam banyak bidang.

“Sebagai pilot proyek, pembangunan ini akan menjadi modal pengembangan wisata edukasi untuk desadesa yang lain di Gunungkidul khususnya dan Indonesia pada umumnya,” kata Kepala Desa Bejiharjo H Yanto didampingi Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Kemitraan (TPKK) Agung Susinantoro AMd.

Baca juga :

Kodim Gunungkidul Salurkan Air Umbul Sejauh 2,5 Km ke Dusun Suren
Tekad Surip Manunggal Bersama TNI

Proyek Inkubasi, Inovasi Desa, Pengembangan Ekonomi Lokal (PIIDPEL) ini diawali usulan program ke Kementerian Desa. Usulan yang didukung kelompok usaha masyarakat (KUM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pelaku Bisnis ini, mendapatkan dukungan kuat dari banyak pihak. Sebab, Bejiharjo Edupark nantinya akan sebagai kegiatan mitra usaha yang ada dalam masyarakat.

Pembangunan ini meliputi, pembuatan rumah joglo, limasan lengkap dengan fasilitas kamar, MCK dan fasilitas lainnya. Ada juga lahan pertanian, kolam pemancingan, kegiatan peternakan, pasar seni dan arena camping.

“Wisatawan dapat menginap di kompleks Bejiharjo Edupark dan dapat belajar tanam menanam, berternak, memancing, menyaksikan pertunjukan seni dan sebagainya,” tambahnya.

Sebagian anggaran kemendes juga digunakan untuk membangun gerbang masuk goa Pindul dan akan diikuti pembangunan taman disebagian wilayah Goa Pindul. Pembangunan wisata eduksi ini dijadwalkan dapat selesai pada akhir tahun 2019.

Sehingga pada tahun 2020 Bejiharjo Edupark sudah dapat dioperasikan. Tahun depan, wisatawan tidak hanya akan menikmati obwis Goa Pindul dan Situs Sokoliman, tetapi juga dapat menikmati wisata eduksi yang letaknya di Pedukuhan Banyubening sekitar 600 meter ke arah barat dari Balai Desa Bejiharjo. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI