Pembangunan Jalan Pantai Ngrenehan Masuk Program Prioritas

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul akan menyelesaikan pembangunan jalan Kepek – Pantai Ngrenehan, Saptosari yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2020 ini. Dengan selesainya proyek ini, diharapkan wisatawan akan lebih nyaman saat menuju kawasan wisata tersebut karena di beberapa ruas jalan menuju Pantai Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyahan sebagian masih sempit. Padahal jumlah kunjungan wisata dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Bina Marga DPUPRKP, Wadiyana menyatakan anggaran melajutkan pembangunan jalan menuju obwis Pantai Ngrenehan ini mencapai Rp 34 miliar bersumber beaya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 22 miliar dan dari Dana Alokasi Umum di APBD sebesar Rp 12 miliar.

Sementara Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Ir Eddy Praptono mengatakan, pembangunan jalur wisata dari ruas jalan Kepek menuju Pantai Ngrenehan merupakan program prioritas pemerintah pada tahun ini. Dengan pembangunan tersebut diharapkan nantinya bisa mendorong perkembangan sektor pariwisata di kawasan Pantai Ngrenehan dan target selesai pada tahun ini. Jalur yang akan dibangun tersebut yang saat ini dinilai belum memenuhi standar karena terlalu sempit dan banyak tikungan sehingga membuat kendaraan besar seperti bus tidak bisa masuk. Sehingga diharapkan, akses lalu lintas terutama bus pariwisata serta mobil pribadi dapat melaju lebih lancar.”Dengan jalur baru maka kendaraan besar bisa masuk sehingga potensi pengembangan wisata bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Dengan adanya dua sumber anggaran ini berdampak pada proses paket lelang. Meski berada di satu jalur, untuk pengerjaan akan dilaksanakan dengan dua paket lelang. Karena memang untuk pertanggungjawbaannya masing-masing untuk yang bersumber dari DAK langsung ke Pemerintah Pusat, sedang yang melalui DAU ke Pemkab Gunungkidul. Sebelumnya ruas jalan tersebut memang sudah ada dari Trowono Kecamatan Paliyan.
Tetapi di jalur lama ini ditemukan banyak tikungan dan kondisi jalan banyak tanjakan. Kemudian dialihkan melalui pembangunan jalan baru dari Desa Kepek tujuan Pantai Ngrenehan, Kanigoro, Saptosari. “Target akan kita selesaikan tahun ini,” pungkasnya. (Bmp)

BERITA TERKAIT