Pembangunan Kelok 18 Diharapkan Dapat Lebih Cepat

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul berharap pembangunan ‘Kelok 18’ untuk mendukung sarana infrastruktur menuju kawasan pariwisata dapat berjalan lebih cepat. Mengingat pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo akan beroperasi 2019.

Kelok 18 jalan penghubung Bantul dengan Gunungkidul tersebut menjadi sangat penting untuk memberikan akses menuju kawasan pariwisata. ”Sudah disampaikan kepada Presiden maupun Pemerintah DIY agar pembangunan Kelok 18 bisa dilakukan dan cepat selesai. Karena menjadi pintu masuk atau akses langsung ke kawasan pariwisata,” kata Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos.

Dikatakan, pembangunan tersebut menjadi sangat penting, karena menjadi kekhawatiran pemda jika NYIA di Kulonprogo beroperasi akan berdampak pada menurunnya kunjungan wisata. Karena itu, kesiapaan akses, baik jalan, jembatan dan fasilitas pendukung lainnya, Gunungkidul harus semaksimal mungkin. Juga diperlukan kesiapan untuk berinovasi dan berkreativitas. Sehingga minat atau kunjungan wisatawan di Gunungkidul tetap tinggi.

”Memang diperlukan inovasi dan kreativitas dalam pengembangan pariwisata. Termasuk pembangunan akses jalan dan fasilitas pendukung,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, diperlukan kesiapan sumber daya manusia. Menghadapi operasional NYIA dibutuhkan persiapan pribadi maupun kelompok. Dalam mengubah cara berfikir serta meningkatkan pelayanan terhadap kunjungan wisatawa.

Melalui pembangunan SDM dan didukung sarana yang memadai, diharapkan tentu akan memberikan optimalisasi layanan wisatawan. ”Pembangunan SDM menjadi sangat penting dalam mendukung perkembangan pariwisata,” jelasnya.

Sebelumnya ketika meresmikan Jembatan dan Jalan penghubung Kecamatan Playen-Gedangsari, Gubernur DIY Sri Sultan HB X juga menyampaikan kekhawatirannya berkait dengan berpindahnya bandara dari Yogyakarta menuju Kulonprogo. Karena dimungkinkan akan berdampak pada penurunan wisatawan di Gunungkidul.

Oleh sebab itu, Gubernur mendorong Pemkab Gunungkidul untuk meningkatkan pembangunan insfrastruktur dan pendukung pariwisata. Termasuk melakukan pembebasan lahan kembali membangun jalan dari Gedangsari hingga masuk ke Prambanan, Sleman. (Ded)

BERITA REKOMENDASI