Pembangunan RSUD Tipe D Saptosari Selesai Tahun Ini

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menganggarkan dana sebesar Rp 9 miliar untuk program finalisasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Saptosari dan tahun anggaran 2019 ini ditarget selesai. Sampai saat ini total anggaran pembangunan RSUD Saptosari sudah mencapai Rp 49 miliar dalam bentuk pembangunan fisik selesai dibangun.

“Pembangunan ini terproses pelaksanaan pembangunannya sejak tahun anggaran 2018 lalu,” kata Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul Agus Subaryanto.

Terkait dengan finalisasi pembangunan pusat layanan kesehatan masyarakat ini, pemkab masih mengalokasikan anggaran sebesar Rp 9 miliar untuk penyempurnaan. Rencananya pagu anggaran digunakan membuat musala, instalasi pengelolaan limbah, pengaspalan halaman hingga saluran air.

Saat ini resminya sudah dianggarkan dan pekerjaan tersebut akan segera dilelangkan. Dengan tambahan pagu anggaran di tahun 2019 sebesar Rp 9 miliar, maka pembangunan RSUD Tipe D Saptosari telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 49 miliar.

“Adapun rinciannya, Rp 15 miliar digunakan pembangunan tahap pertama tahun 2017 dan Rp 25 miliar dialokasikan untuk pembangunan di tahun 2018 lalu,” imbuhnya.

Besaran anggaran yang telah dikeluarkan pemerintah kabupaten ini baru merupakan untuk bangunan sarana fisik. Nantinya juga akan ada peralatan medis sehingga anggaran yang dibutuhkan diperkirakan masih bisa lebih besar lagi.

Meskipun demikian, DPUPRKP hanya sebatas membangun fisik rumah sakit. Sedangkan yang menyangkut permasalahan peralatan medis dan sumber daya manusia akan diserahkan sepenuhnya ke Dinas Kesehatan. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI