Pembebasan Lahan Pembangunan Pelabuhan Gesing Segera Dilakukan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan segera membebaskan tanah calon Pelabuhan Gesing, Panggang dengan luas lahan mencapai 15 hektare.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanta mengungkapkan, koordinasi pemerintah DIY, Kabupaten, dan Kapanewon terus dilakukan untuk pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Gesing tersebut. Saat ini, sejumlah dokumen yang diperlukan berkaitan dengan rencana pembangunan ini telah diproses, termasuk Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Khusus Amdal masih dalam pembahasan stakeholders dan mudah-mudahan dokumen tersebut segera selesai,” katanya, beberapa waktu lalu.

Adapun lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan PPI Gesing berkisar seluas 15 hektare dengan anggaran akan menggunakan Dana Keistimewaan. Lahan tersebut akan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Seperti misalnya lahan seluas 4,7 hektare diantaranya akan menjadi zona inti dari pelabuhan tersebut. Dipilihnya pantai tersebut karena dianggap cocok dijadikan sebagai pelabuhan dan memiliki lokasi yang strategis.

BERITA REKOMENDASI