Pemkab Bangun Jalan Alternatif ke Pantai Wediombo

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) membangun jalan di Plebengan Lor Candirejo Semanu. Jalan ini merupakan penghubungn antara Sindon – Plebengan hingga menuju Kawasan Pantai Wediombo sehingga akan mendorong kelancaran akses transportasi.

“Jalan Sindon – Plebengan ini merupakan jalur wisata dan ekonomi. Sehingga sangat penting mendukung peningkatakan ekonomi masyarakat. Selain itu, jalan ini merupakan jalur alternatif menuju Kalurahan Giripanggung, Kapanewon Tepus.  Harapannya tahun depan ada tindak lanjut pembangunan jalan kembali,” kata Dukuh Plebengan Lor Satino, Rabu (08/12/2021).

Peninjauan pembangunan jalan dilaksanakan oleh tim DPUPR dipimpin Kabid Bina Marga DPUPR Wadiyana. Jalan di Plebengan Lor ini juga dilalui warga yang berada di 7 Padukuhan Kalurahan Candirejo dan 4 Padukuhan Kalurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPRKP Wadiyana menjelaskan, rehabilitasi jalan Sindon – Plebengan ini menelan dana sebanyak Rp 100 juta. Pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2021 ini, Dinas merehab jalan Kabupaten sejumlah 6 titik.

“Lokasi lain yakni jalan Nangsri – Karangasem dengan anggaran Rp 200 juta, Playen – Plembutan Rp 200 juta, Banyusoca – Kedungwanglu Rp 150 juta dan Pringombo – Karangawen Rp 150 juta,” terangnya.

Hasil peninjauan lanjutnya, kegiatan rehabilitasi ini sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Pelaksanaan pengecekan ini juga untuk memastikan program kegiatan berjalan dengan maksimal.

Bahkan pada saat proses pengerjaan, juga dilakukan pemantauan. Sehingga hasilnya dapat bagus dan mampu mendukung perkembangan ekonomi maupun pariwisata di Gunungkidul. (Ded/Bmp)

BERITA REKOMENDASI