Pemkab Didesak Tertibkan Sempadan Pantai

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI (KRJogja.com) – Ketua DPRD Gunungkidul Suharno SE mendesak pemkab segera menertibkan kawasan sempadan pantai selatan. Terlebih pemkab saat ini sudah memiliki kewenangan melakukan penertiban usai dilakukan kerjasama dengan pihak Kraton Yogyakarta.

“Jika sebelumnya sempat dilakukan penundaan, pemkab sudah saatnya segera melakukan penertiban kawasan sempadan. Bila ada pembangunan baru di kawasan sempadan pantai harus dilarang, karena bertentangan dengan aturan,” kata Suharno, Rabu (20/07/2016).

Pemkab, lanjutnya harus bersikap tegas melakukan penataan sempadan pantai. Karena memang area tersebut harus bersih dari bangunan. Jika tidak dilakukan penertiban sekarang, nantinya bangunan yang berada di kawasan sempadan pantai akan semakin banyak dan sulit dilakuka penataan. “Perlu sikap tegas dari pemerintah daerah untuk melakukan penataan sempadan pantai. Agar lebih tertata dan nantinya mendukung perkembangan pariwisata,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto ST berharap Pemkab Gunungkidul lebih jeli memanfaatkan momentum penataan kawasan sempadan pantai. Peristiwa gelombang pasang yang mengakibatkan kerusakan bangunan baik lapak maupun bangunan, hendaknya menjadi momentum bagi pemkab menata kawasan pantai.  “Seharusnya segara dilakukan penertiban kawasan sempadan pantai selatan,” kata Purwanto ST.

Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos terpisah mengungkapkan, penataan kawasan sempadan pantai akan tetap dilakukan. Sesuai dengan agenda, ditargetkan sesudah lebaran akan ditertibkan. Pemkab akan menata kawasan sempadan pantai, agar lebih baik dan mendukung pembangunan kawasan wisata pantai. “Akan segera dilakukan penataan,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI