Pemkab Dorong Percepatan Pembangunan JJLS Dan Kawasan Utara

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul mendorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan kawasan utara dan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Koordinasi dengan Pemkab Sleman dan Bantul juga terus dilakukan demi mewujudkan program ini.

Khusus diwilayah utara proses ganti rugi untuk jalan baru pasca selesainya ruas jalan Gading-Gedangsari dan jembatan Handayani juga sudah dilakukan. “Kita berharap pelaksanaan jalan baru ini segera terwujud,” kata Bupati Gunungkidul Hj Badingah S Sos, Kamis (20/6).

Percepatan pembangunan ruas jalan baik kawasan selatan maupun utara ini tentunya untuk menambah daya tarik wisatawan setelah  mulai beroperasinya bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA). Berkaitan dengan proyek ini, Pemkab Gunungkidul  sejak beberapa tahun terakhir melakukan berbagai persiapan dengan memulai perencanaan dan beberapa diantaranya telah mulai dieksekusi.

Saat ini pihaknya tidak hanya melakukan upaya pembebasan lahan untuk pembangunan jalan. Tetapi pemerintah juga mulai berfikir bagaimana melengkapi berbagai sarana di sepanjang kawasan JJLS yang nantinya diproyeksikan menjadi pusat lalu lintas di wilayah selatan, termasuk sarana listrik maupun air.

Sejalan dengan pembangunan JJLS tersebut Pemkab Gunungkidul juga sudah merintis pembangunan  Ekonomi Khusus Pariwisata terutama di objek-objek wisata pantai selatan. Dibanding daerah lain  untuk wilayah Gunungkidul, memang  mempunyai keunggulan di bidang pariwisata. Untuk itu pihaknya juga akan melakukan upaya-upaya guna menarik wisatawan dengan memperindah seputaran akses menuju Gunungkidul, baik melalui ruas jalan kawasan utara maupun JJLS. “Pengembangan infrastruktur terutama dikawasan JJLS dan pantai ini akan terintegrasi seperti Pantai Baron, Krakal dan Drini,” ucapnya.

Upaya pengintegrasian beberapa pantai tersebut  selain  memperindah  kawasan juga  merupakan bagian untuk menyeimbangkan antara wilayah selatan dengan utara. Karena itu pihaknya saat ini terus melakuan komunikasi untuk menyelaraskan program-program penunjang kemajuan pariwisata di Gunungkidul.

“Kita berharap wisatawan yang berasal dari Jawa Tengah dapat langsung masuk melalui wilayah Sleman,” terangnya. (Bmp/Ded)

BERITA REKOMENDASI