Pemkab Gunungkidul Dapat Alokasi Danais Rp 172 M

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memperoleh alokasi Dana Keistimewaan (Danais) senilai Rp 172 miliar pada 2019. Anggaran itu bahkan langsung masuk dalam APBD kabupaten. Sehingga pemkab perlu segera merumuskan, merencanakan berbagai program untuk pemanfaatan danais.

“Danais ini sudah menjadi tanggung jawab Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Karena sudah masuk langsung ke APBD,” kata Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) DIY Drs Bambang Wisnu Handoyo.

Dikatakan, pemda DIY berharap pembangunan Taman Budaya yang menyerap anggaran cukup besar dari Danais bisa dilakukan lebih cepat. Termasuk TAPD harus merumuskan ke depan penggunaan Taman Budaya tersebut akan seperti ini.

“Apakah nantinya pengelolaannya diserahkan Pemda DIY atau ke kabupaten. Karena untuk pemeliharaan Taman Budaya membutuhkan anggaran cukup besar,” imbuhnya.

Bambang menambahkan, Taman Budaya perlu dikemas untuk menjadi tempat bagi para pelaku seni budaya tampil, serta mengemas bagaimana potensi seni budaya yang ada di Gunungkidul menjadi daya tarik baik lokal, nasional hingga internasional. Sehingga akan mendatangkan dampak positif. Perlu dipikirkan bagaimana masyarakat bisa memberikan penghargaan terhadap para pelaku seni budaya di Gunungkidul.

“Pemkab perlu mendesain bagaimana masyarakat bisa memberikan apresiasi, penghargaan terhadap seni budaya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut Bambang Wisnu juga menyampaikan, danais dapat dipergunakan untuk mendukung pengembangan seni budaya seperti ketoprak, pedalangan, tatarias, keroncong dan sebagainya. Sehingga TAPD perlu merumuskan dan merencanakan konsep dalam optimalisasi penggunaan danais. (Ded)

BERITA REKOMENDASI