Pemkab Gunungkidul Siap Terapkan Zonasi Guru

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) GunungkidulBahron Rosyid menyambut baik rencana Pemerintah Pusat dalam program zonasi guru untuk pemerataan pendidikan. Sejauh ini, Pemkab Gunungkidul masih terus berupaya melakukan persiapan dan pembahasan di tingkat provinsi baik menyangkut dampak juga pendataan guru.

“Saat ini masih dilakukan pengkajian untuk menuju pemetaan. Kami siap menerapkan apapun program yang pada intinya meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Bahron Rosyid.

Penerapan sistem zonasi bukan berarti menempatkan guru dengan wilayah kediamannya. Melainkan jarak ia bertugas dengan zonasi sekolah lain berdekatan. Sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengajar di sekolah lain tidak perlu menempuh jarak yang jauh.

Kompetensi seorang guru dalam penerapan sistem zonasi sangat diperhitungkan. Misalnya sekolah A dan sekolah B mata pelajaran bahasa Inggrisnya sama-sama bagus mendapat nilai 8, namun terdapat kelemahan tersendiri pada aspek conversation, maka ada guru di zona sekolah tersebut yang dapat mengatasi kekurangan tersebut.

“Jadi ada penyetaraan atau pengangkatan masing-masing kelemahan di sekolah lain. Bukan berarti jarak sekolah dengan rumah yang diperhitungkan,” imbuhnya.

Program pendidikan dan pelatihan ke depan akan terus dilakukan oleh pemkab untuk meningkatkan kompetensi guru. Sehingga ilmu yang diberikan kepada peserta didik benar-benar maksimal. Kemudian dari peserta didik pun juga menyadari persaingan pendidikan saat ini cukuplah ketat dalam menentukan langkah lanjutan. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI