Pemkab Rencanakan Eksploitasi Mata Air Goa Kedung Mbangsri

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sumber mata air di dalam Goa Kedung Mbangsri Dusun Blado, Giritirto, Purwosari, Gunungkidul akan dieksploitasi pemerintah kabupaten untuk mengatasi kekeringan di Kecamatan Purwosari dan Panggang. Berdasarkan penelitian debit air di dalam goa Mbangsri cukup besar dan selama ini belum bisa dinaikkan lantaran belum ada pompa untuk mengangkat air dari dalam goa.

“Untuk jangka pendek kami akan koordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) supaya air di dalam goa bisa dimanfaatkan warga sekitar," kata Wakil Bupati Drs H Immawan Wahyudi MH.

Terkait dengan penemuan sumber mata air itu Pemkab Gunungkidul sudah melakukan langkah-langkah, baik dengan melakukan penelitian maupun dengan berbagai kemungkinan air di dalam goa bisa dimanfaatkan warga untuk mengatasi kekurangan air bagi warga sekitar dan di Kecamatan Purwosari maupun Panggang.

Saat ini koordinasi dengan berbagai pihak juga sudah dilakukan untuk bersama-sama mencari solusi sehingga mata air yang ada di dalam goa benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik dan berguna untuk warga sekitar. “Jika melihat dari debit airnya memang sangat memungkinkan, tetapi semua masih perlu dilakukan penelitian,” imbuhnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI