Penataan Pantai Baron Dianggarkan Rp 40 M

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan melakukan penataan kawasan pantai. Secara bertahap setiap tahun dengan harapan dapat berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gunungkidul, Sri Suhartanto mengatakan, untuk penataan yang akan dilakukan di Pantai Baron. Sementara yang saat ini telah berlangsung adalah penataan Pantai Drini. “Khusus Pantai Baron Pemkab telah mengajukan dana sebesar Rp 20 miliar untuk penataan kawasan,” kata Sri Hartanto Adapun anggaran yang diusulkan untuk penataan di Pantai Baron sudah diajukan ke Pemda DIY khususnya untuk penataan tahap pertama.

Untuk tahap kedua pengajuan permohonan anggaran masih menunggu selesai pencairan tahap pertama dan diperkirakan total anggaran yang dibutuhkan untuk penataan Pantai Baron Rp 40 miliar. Dari total anggaran itu, dari APBD Gunungkidul menyediakan Rp 5 miliar khususnya untuk perluasan lahan parkir pengunjung dan pedagang. Penataan meliputi lapak pedagang berdasar desain yang sudah ada.

“Bangunan-bangunan tersebut nantinya akan berada jauh dari bibir pantai, juga pembangunan drainase dan jalur evakuasi untuk mitigasi bencana,” imbuhnya.

Dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pascabadai Cempaka akhir 2017 sampai awal 2018. Saat ini yang telah dimulai adalah penataan kawasan Pantai Drini di Banjarejo, Tanjungsari. Untuk penataan Pantai Drini menghabiskan dana Rp 830 juta dari APBD Gunungkidul.

Sementara Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan, penataan pantai itu adalah tindak lanjut dari arahan Gubernur DIY yang nantinya diharapkan, kawasan sempadan pantai tidak ada bangunan seperti yang masih terlihat saat ini. Dalam penataan ini nanti akan dibangun tempat ibadah, saluran drainase, kemudian untuk lapak pedagang dibuat seperti gerai makanan di Taman Kuliner. Sekda Gunungkidul Drajad Ruswandono berharap penataan Pantai Baron dapat diselesaikan pada akhir tahun anggaran 2021. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI