Penataan Pantai Baron Dianggarkan Rp 45 M

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul segera melakukan penataan kawasan objek wisata (Obwis) Pantai Baron, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari yang rencananya tidak akan dibarengi relokasi pedagang di kawasan setempat. Dalam penataan ini, Pemkab Gunungkidul menganggarkan sebesar Rp 54 miliar dan diharapkan kawasan wisata tersebut makin tertata sesuai dengan ketentuan sempadan.

“Penataan tidak akan ada pedagang yang direlokasi, sehingga kegiatan ekonomi di sana tetap berjalan dan kita akan menata dengan cara zonasi,” kata Sekretaris Daerah Gunungkidul Drajad Ruswandono.

Untuk pelaksanaan pembangunan dan penataan kawasan tersebut akan dimulai dari sisi barat terlebih dahulu dan jika sudah selesai akan bergantian dengan kawasan lain, sehingga dalam penataan tidak diperlukan relokasi. Pada tahun 2017 lalu pemerintah telah berhasil menyelesaikan masterplan dan tahun berikutnya, juga telah menyelesaikan detail engineering design (DED), dan pada tahun ini akan dimulai penataan pantai.

“Masterplan sudah ada, DED juga sudah ada. Maka tahun ini akan dilakukan pembangunan. Anggaran Rp 54 milliar akan digunakan untuk pembangunan instalasi pengolahan limbah, menata kawasan pantai, dan juga parkir,” imbuhnya.

Program penataan tersebut bertujuan untuk pengembangan pariwisata Gunungkidul, juga telah melakukan sosialisasi kepada pedagang yaitu dengan cara mengajak pedagang di Pantai Baron melihat langsung penataan di Taman Kuliner Wonosari. Akhir tahun lalu sosialisasi sudah dilakukan, dan bahkan hingga saat ini juga terus melakukan sosialisasi agar proses penataan pantai tidak tersendat. “Kita berharap semuanya bisa berjalan sesuai dengan harapan,” katanya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI