Penataan Pantai Selatan Dimulai dari Baron dan Drini

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul tahun ini akan segera melakukan penataan sejumlah pantai kawasan pesisir selatan. Selain Pantai Baron dengan anggaran Rp 54 miliar, penataan juga akan dilakukan di Pantai Drini dengan disiapkan anggaran sebesar Rp 830 juta oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul.

”Penataan Pantai Drini, Kecamatan Tanjungsari ini dilakukan akibat terdampak gelombang tinggi pada tahun 2018 lalu,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono.

Alokasi anggaran yang akan dipergunakan untuk penataan Pantai Drini tersebut akan dimanfaatkan untuk penataan kawasan pantai serta pedagang yang ada di wilayah tersebut. Sesuai dengan rencana juga akan memindah lokasi para pedagang yang sebelumnya menempati area pasir akan dipindah ke lokasi sekitar parkir kendaraan.

Dengan dipindahnya para pedagang, wisatawan akan dapat menikmati keindahan pantai dengan leluasa. Selain itu,tim SAR juga lebih leluasa melakukan pengawasan wisatawan dan tidak terhalang saat akan melakukan evakuasi korban manakala terjadi kecelakaan laut.”Harapan kami dengan penataan ini area pantai menjadi lebih representatif,” imbuhnya.

Selain Pantai Drini, Pemkab Gunungkidul juga akan melakukan penataan kawasan Objek Wisata (Obwis) Pantai Baron, Kemadang, Kecamatan Tanjungsari yang rencananya tidak akan dibarengi relokasi pedagang di kawasan setempat. Dalam penataan ini, Pemkab menganggarkan sebesar Rp 54 miliar dan diharapkan kawasan wisata tersebut makin tertata sesuai dengan ketentuan sempadan.

”Penataan ini tidak akan ada pedagang yang direlokasi, sehingga kegiatan ekonomi di sana tetap berjalan dan kita akan menata dengan cara zonasi,” kata Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI