Persiapan Arus Balik, Dishub Gunungkidul Temukan 1 Bus Tak Layak Jalan

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul melakukan pengecekan   angkutan penumpang (ramp check) terkait kesiapan dan kelayakan kondisi angkutan umum dan bus  menghadapi angkutan arus balik penumpang Liburan Natal dan Tahun Baru di terminal setempat dan lokasi Perusahaan Otobus (PO) di  Wonosari Kamis (26/12/2019). 

Dari hasil pengecekan petugas mendapati satu unit bus angkutan umum tidak laik jalan. "Kita lakukan pengecekan agar armada yang dioperasikan memiliki standar pelayanan dan keselamatan penumpang," kata Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dishub Gunungkidul, Ikrar Subarno.

Terhadap adanya temuan salah satu bus tidak layak jalan pihaknya mengimbau pengusaha angkutan tersebut agar melakukan perbaikan sebelum mengoperasikan bus angkutan tersebut.Sehingga tidak membahayakan keselamatan pengguna jasa. Dalam mengoperasikan kendaraan  yang mau digunakan untuk mengangkut penumpang harus dalam kondisi normal secara fisik dan melengkapi surat-surat kendaraan secara legal formal. 

Dengan adanya temuan ini, maka dishub memastikan seluruh armada arus balik nataru dalam keadaan normal khususnya menyangkut jaminan pelayanan dan keselamatan. "Kita berharap armada dari Gunungkidul untuk angkutan arus balij dalam keadaan layak jalan," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu pemilik Perusahaan bus di Wonosari  Sutrisno mengapresiasi  langkah dilakukan oleh Dishub Gunungkidul. Bahkan dirinya berharap pengecekan kelaikan angkutan semacam ini dapat dilakukan secara berkala dan diharapkan tidak hanya dilakukan saat menjelang libur Lebaran dan Natal saja.Menurutnya, pengecekan kendaraan sangat penting dilakukan agar bisa memastikan kendaraan angkutan tersebut laik atau tidak beroperasi mengakut penumpang.

“Pengecekan ini sangat penting karena kendaraan tersebut digunakan untuk mengangkut manusia dan perlu adanya jaminan keselamatan," terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI