Pertama Dalam Sejarah, DIY Gelar Kejurda Triathlon di Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kawasan Wisata Telaga Jonge, Semanu, Gunungkidul menjadi saksi sejarah baru bagi olahraga Triathlon di DIY. Senin (21/01/2022) kemarin, puluhan atlet dari lima kabupaten/kota DIY untuk kali pertama turun dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang digelar Federasi Triathlon Indonesia (FTI) DIY.

Kejurda kali ini dibagi dalam 5 kategori, yakni kategori Kids, Youth, Triathlon Elite, Aquathlon dan Duathlon yang diikuti 28 atlet. Untuk Triathlon, para peserta wajib mengikuti cabang renang, sepeda dan lari sementara untuk Aquathlon peserta hanya mengikuti 2 cabang yakni renang dan lari, untuk kategori Duathlon peserta mengikuti sepeda dan lari.

Ketua Bagian Kepelatihan FTI DIY, Inge Inkiriwang, even kejurda ini merupakan kegiatan perdana setelah resmi dibentuk Provinsi (Pengprov) FTI DIY dengan ketua, Ibnu Mahmud Bilalludin yang juga anggota DPR RI. Kejurda sangat penting dilakukan untuk penjaringan atlet potensial DIY yang nantinya diproyeksikan untuk lomba di tingkat nasional dan internasional.

“Kami memilih Kawasan Wisata Telaga Jonge sebagai lokasi lomba, karena Gunungkidul memiliki banyak destinasi wisata yang kaya akan spot tourism. Tentunya bukan saja olahraga Triathlon-nya yang bisa kita selenggarakan, namun FTI DIY juga ingin ambil bagian dalam promosi pariwisata,” ungkapnya.

Sementara, dihubungi terpisah, ketua Pengprov FTI DIY, Ibnu Mahmud Bilalludin mengaku sangat bahagia melihat antusiasme atlet dalam mengikut kejurda triathlon pertama di DIY ini. Persaingan ketat para atlet menunjukkan bahwa DIY memiliki potensi luar biasa trriathlon, termasuk salah satu bukti raihan medali perunggu atlet triathlon DIY pada PON XX Papua tahun 2021.

“Memang pengurus FTI DIY masih tergolong baru, namun atlet triathlon DIY sudah ada yang berprestasi di tingkat nasional. Hal ini sangat membanggakan dan kami berkomitmen even kejurda seperti yang digelar di Gunungkidul ini akan terus diadakan rutin untuk pembinaan dan pembibitan atlet berpotensi DIY yang akan kita bawa ke kejuaraan tingkat nasional bahkan internasional,” tandas Ibnu, Selasa (01/02/2022). (Fxh)

BERITA REKOMENDASI