Pertama di Gunungkidul, MTsN4 Terapkan SKS

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Tim Pengembang Kurikulum MTsN 4 Gunungkidul melaksanakan studi banding ke SMPN 5 Yogyakarta, Jumat (24/07/2020). Rombongan dipimpin Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Gunungkidul Taufik Ahmad Sholeh MA dan diterima diterima Kepala SMPN 5 Yogyakarta Dra Nuryani Agustina MPd.

“Program ini sebagai usaha menimba ilmu di sekolah favorit di Yogyakarta. Karena sudah dua tahun mengimplementasikan layanan Sekolah Kredit Semester (SKS),” kata Taufik Ahmad Sholeh.

MTsN 4 Gunungkidul merupakan madrasah/tingkat SMP pertama di Gunungkidul yang tahun ini menerapkan SKS. Kepala SMPN 5 Yogyakarta Nuryani Agustina menuturkan, sekolah menerapkan SKS sejak dua tahun lalu dengan tantangan luar biasa.

“Guru harus bisa menggerakkan otak kanan dan kiri sehingga keduanya seimbang. Sebagai ujung tombak pembelajaran, guru harus nyaman dalam mengawal siswa, serta menguasai mata pelajaran,” katanya.

Pembelajaran mengandung makna anak senang, guru senang dan hasilnya optimal, ujarnya. Penjelasan secara detil tentang layanan SKS disampaikan Sujiayana Wakil Kepala Urusan Kurikulum dan diakhiri dengan tanya jawab layanan program SKS. (Ded)

BERITA REKOMENDASI