Pesta Kembang Api Bakal Meriahkan Alun-alun Wonosari

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pergantian malam Tahun Baru di Gunungkidul akan di meriahkan penyanyi legendaris Didi Kempot dengan iringan Kidung Etnosia Orchestra dan sejumlah penyanyi lain di Alun-alun Wonosari. Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos, Wakil Bupati Dr Drs H Immawan Wahyudi SH MH berserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) akan melepas tahun 2018 dan menyambut tahun 2019 dengan luncuran kembang api serta tiupan terompet. Sebelum puncak pergantian Tahun Baru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan menggelar malam refleksi pembangunan tahun 2018 di Bangsal Sewokoprojo.

”Refleksi merupakan acara rutin untuk menyaksikan kembali yang sudah dilakukan, sebagai pijakan untuk melangkah di tahun 2019,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Gunungkidul, Supriyanto MT.

Malam Tahun Baru di Alun-alun Wonosari tidak hanya menyajikan penyanyi Didi Kempot, tetapi Dinas Kebudayaan Gunungkidul juga menyelenggarakan Pentas Campursari Sanggar Ungu dari Playen dan Pentas Tari dari Sanggar Tari Mekar Sari Semin. Tidak hanya hiburan seni, pada malam pergantian Tahun Baru juga akan digelar doa bersama dengan dipimpin Ustadz H Arief Gunadi MPdI dari Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul.

Dengan harapan pergantian tahun ini menjadikan pemerintah semakin meningkatkan kerja nyatanya dan selalu dalam lindungan Allah SWT. ”Harapannya setiap rakyat dapat menikmati kehidupan yang lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Drs Agus Kamtono MM mengakui pentas seni menyambut Tahun Baru sekarang tidak sebanyak tahuntahun sebelumnya. Anggarannya terbatas akibat usulan anggaran yang mestinya masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tidak jadi dibahas, karena usulan APBDP kepada Gubernur DIY ditolak akibat keterlambatan pengajuan usulan.

Untuk tahun 2019 pentas seni Doger hanya akan berlangsung di Nglanggeran dan Pantai Baron. ”Anggaran hanya cukup untuk dua tempat tersebut,” tambahnya.

Berkaitan dengan rencana pemusatan pergantian tahun baru di Alun-alun Wonosari, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Faudy SIK SH MH memberikan informasi, kepolisian akan mulai menutup alun-alun sekitar pukul 17.00. Artinya, masyarakat ayang akan masuk atau melintas di alunalun untuk menyesuaikan jadwal yang sudah disusun pemerintah.

Kapolres juga menyerukan agar wisatawan yang akan mengunjungi pantai tetap waspada dan hati-hati, terus mengikuti dinamika gelombang pantai. Sederhananya wajib mengikuti informasi yang disampaikan tim SAR atau petugas lain yang kompeten. ”Lebih baik memilih lokasi aman dari ancaman gelombang, ” ujarnya. (Ewi/Ded)

BERITA REKOMENDASI