Petani Gunungkidul Dapat Bantuan Benih dan Traktor

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul menyerahkan bantuan benih ke kelompok-kelompok tani (Poktan) di seluruh desa secara gratis dan melarang untuk menjual benih yang diterima tersebut ke pihak lain. Imbauan dan penegasan tersebut turut dilampiri dengan surat edaran kepada seluruh poktan saat dilakukan penyerahan bantuan.

”Pendistribusian benih gratis telah dilakukan sejak dua bulan terakhir dan telah dipastikan diterima oleh sejumlah poktan,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Raharjo Yuwono.

Bantuan benih gratis tersebut untuk jenis padi inbrida seluas 2.500 hektare atau setara dengan 62,5 ton, untuk padi hibrida 4.000 hektare setara 60 ton untuk benih padi total ada 112,5 ton. Kemudian untuk jagung totalnya 10.000 hektare varietas hibrida setara dengan 150 ton.

Bantuan yang diberikan tersebut diakui belum mencukupi kebutuhan benih secara keseluruhan. Untuk itu pihaknya mengimbau para penerima untuk tidak menjual kembali benih yang telah diberikan secara gratis tersebut.

”Surat edaran telah diberikan kepada kelompok tani. Jika ada yang main-main akan kami tindak,” imbuhnya.

Ditambahkan, selain bantuan benih, pihaknya telah mendistribusikan pupuk bersubsidi mencapai puluhan ribu ton. Sehingga dalam menghadapi masa tanam yang diperkirakan akan tiba pada pertengahan November 2018, para petani telah siap melakukan masa tanam.

Selain bantuan benih dan pupuk, pemkab juga memberikan bantuan alat berat berupa traktor. Harapannya dengan adanya sejumlah bantuan tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam pengolahan lahan sehingga biaya produksi turut dapat ditekan.

Untuk traktor roda 2 ada 64 buah sudah dibagikan. Traktor roda 4 ada 1 sudah dibagikan untuk tahun ini. Alat-alat tersebut merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat yang diberikan kepada kelompok yang sudah teregistrasi sebagai poktan binaan penyuluh atau sudah masuk sistem informasi penyuluhan pertanian). (Bmp)

BERITA REKOMENDASI