Petani Nglipar Upacara HUT RI Ditengah Hutan

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Ratusan petani di Nglipar memperingati Hari Ulang Tahun 75 Republik Indonesia di kawasan hutan kayu putih Nglipar, Senin (17/08/2020). Pelaksanaan upacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh petugas upacara berasal dari kelompok tani Mulyo Kapanewon Nglipar.

“Upacara ini untuk memperingati HUT RI. Mengenang perjuangan para pahlawan. juga meningkatkan semangat patriotisme dan nasionalisme petani,” kata Mayor Sunaryanta Tokoh Masyarakat Nglipar usai mengikuti upacara.

Diungkapkan, peringatan upacara di tengah hutan terbuka ini sebagai bentuk upaya mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur berjuang dalam meraih Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara ini diikuti masyarakat Gunungkidul yang mayoritas merupakan petani. Sehingga para petani ini juga diharapkan untuk terus berjuang untuk bangsa ini sesuai dengan bidang. ” Keberadaan petani ini tentunya menjadi kebanggan, sebagai pahlawan pangan,” ujarnya.

Salah satu petugas upacara yang juga petani Sukarjiyana mengaku cukup senang dapat mengikuti upacara HUT RI. Karena terakhir kali mengikuti upacara Kemerdekaan RI pada tahun 1986 yang lalu. Sehingga setelah 34 tahun, baru kali ini mengikuti upacara lagi. ” Petani sangat senang bisa mengikuti Upacara HUT RI di tengah hutan,” imbuhnya. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI