Petir Sabet Juara 1 Rintisan Kalurahan Budaya

WONOSARI, KJOGJA.com – Kalurahan Petir, Kapanewon Rongkop berhasil meraih juara pertama atau penyaji terbaik dalam program Gelar Potensi Rintisan Kalurahan Budaya 2020. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) dilaksanakan secara virtual di Youtube Kebudayaan Gunungkidul mulai, Senin (23/11) sampai Rabu (25/11). Serta diikuti 22 kalurahan dan didukung dana keistimewaan.

“Melalui event ini untuk menggali potensi lokal yang dimiliki Kalurahan Rintisan Kalurahan Budaya. Selain itu penguatan nilai-nilai kearifan local. Serta mewariskan nilai kearifan lokal kepada masyarakat, khususnya generasi muda,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Kamtana MM di dampingi Kabid Adat Tradisi Lembaga dan Seni Drs Ristu Raharja, Jumat (27/11).

Untuk juara 2-5 yakni Kalurahan Wonosari, Wonosari, Kalurahan Logandeng, Playen, Kalurahan Pundungsari, Semin dan Gedangrejo, Karangmojo. Diungkapkan, kalurahan rintisan budaya harus memiliki lima potensi yakni adat tradisi, kesenian permainan tradisional, bahasa, sastra dan aksara jawa. Selain itu kerajinan, kuliner dan pengobatan tradisional.Juga tata ruang dan arsitektural tradisional. “Kegiatan ini juga untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap potensi lokal yang dimiliki kalurahan Rintisan Kalurahan Budaya. Termasuk memberikan ruang ekspresi bagi pelaku seni budaya dan kesempatan bagi masyarakat untuk menyaksikan kegiatan secara daring,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI