Pisang Uter, Ikon Wisata Gunung Ireng

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan pendampingan pada kelompok wanita di Desa Pengkok, Kepanewon Patuk, Gunungkidul melalui kegiatan pengembangan potensi pisang uter.

“Pisang uter yang seringkali dipandang sebelah mata ini merupakan potensi lokal yang belum maksimal pemanfaatannya sehingga perlu adanya sentuhan teknologi agar bisa memberi manfaat lebih bagi masyarakat,” kata Yunda Maymanah Rahmawati dan Iis Wahyuningsih, Tim dosen PPM-UAD, Rabu (02/09/2020).

Dikatakan Yunda, potensi pisang uter di Desa Pengkok digali dan dikembangkan untuk diproduksi menjadi makanan olahan siap dipasarkan ke masyarakat. Sasaran untuk kelompok wanita diberikan pelatihan dan pendampingan dalam mengolah pisang uter.

“Kelompok wanita di Desa Pengkok sudah kami berikan bekal keterampilan 2 kali. Pertama, Sabtu 15 Agustus berupa pelatihan pengolahan tepung pisang, cake kukus pisang. Kedua, Sabtu, 22 Agustus lalu berupa pelatihan cookies pisang serta pelatihan pembuatan egg roll pisang,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI