PLN Peduli Fasilitasi Pembinaan UMKM di Rumah BUMN Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – PLN Peduli memberikan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Rumah BUMN Wonosari Gunungkidul. Bantuan yang diberikan berupa pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bawah naungan Rumah BUMN Gunungkidul. Diharapkan dengan tumbuhnya UMKM di bawah Rumah BUMN ini akan berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta Ahmad Samsuri menyampaikan bantuan TJSL ini diberikan untuk membantu pengelolaan Rumah BUMN baik dari segi pemasaran maupun sumber daya manusia. Selain itu, program Rumah BUMN yang berupa pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada UMKM, membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pelaku UMKM yang tergabung didalamnya.

“Adanya Rumah BUMN PLN ini, sangat membantu dalam pemasaran produk UMKM. Rumah BUMN PLN didirikan agar UMKM dapat mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing-masing serta menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah DIY,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/06/2022).

Sementara itu, Pengelola Rumah BUMN Gunungkidul Edi Surbhakti memberikan apresiasi terhadap PLN yang telah mensupport dan memberikan pendampingan di Rumah BUMN Wonosari. Bantuan dari PLN diharapkan dapat menjadikan Rumah BUMN ini berkembang secara mandiri sehingga dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat DIY untuk meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

Melalui bantuan PLN Peduli ini, PLN telah melakukan beberapa program kerja mulai dari pembinaan, pelatihan rutin sampai dengan pemasaran digitalisasi yang mana sangat bermanfaat bagi UMKM yang berjumlah lebih dari 1.400. Sedangkan UMKM yang aktif di Rumah BUMN sendiri berjumlah 100 UMKM.

Rangkaian kegiatan Rumah BUMN ini untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI