Pohon Walikukun Tumbang di Wanagama, Jalan Nasional Wonosari-Yogya Macet

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRjogja.com – Ruas jalan nasional Wonosari-Yogya tepatnya di kawasan Hutan Wanagama, Gading, Playen Gunungkidul macet total akibat pohon walikukun berukuran besar dengan diameter lebih dari 100 sentimeter roboh merintangi ruas jalan Minggu (4/4) pagi kemarin. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material akibat peristiwa tersebut karena saat kejadian arus lalu-lintas kebetulan dalam keadaan sepi.

“Penyebab pohon tumbang diperkirakan akibat tingginya curah hujan dan karena usia pohon yang sudah ratusan tahun dan pada bagian akarnya diduga lapuk. “Kemacetan arus lalu-lintas bisa diatasi beberapa saat setelah dilakukan pemotongan dahan dan batang pohon tersebut,” kata Kasubag Hunas Polres Gunungkidul Iptu Suryanto Minggu (4/4).

“Karena berada di sisi jalan raya pohon yang tumbang ini menutup akses jalan nasional hingga menimbulkan kemacetan panjang,” imbuhnya.

Karena proses evakuasi dan pemotongan ranting dan batang pohon memakan waktu lama pengguna jalan dari arah Yogya tujuan Wonosari putar balik dan melewati jalan alternatif melalui ruas jalan Bunder-Sambipitu-Ngalang-Gading. Bahkan baik yang dari arah Yogya tujuan Wonosari maupun sebaliknya. Dibantu personel Sabhara Polres Gunungkidul, TNI, Tagana, BPBD dan warga masyarakat pohon tersebut akhirnya berhasil dievakuasi dan arus lalu-lintas kembali normal.

BERITA REKOMENDASI