Polres Gelar Operasi, Motor Diamankan, Pelajar Ditilang

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI (KRJogja.com) – Sat Lantas Polres Gunungkidul melaksanakan operasi secara besar-besaran di Kota Wonosari, Selasa (20/09/2016). Kegiatan razia menyasar pelajar baik SMP hingga SMA yang tidak memiliki SIM namun membawa sepeda motor. Ratusan pelajar terjaring razia, bahkan sepeda motor dibawa ke Mapolres Gunungkidul.

“Operasi ini untuk menekan angka kecelakaan lau-lintas dan melibatkan pelajar,” kata Kapolres Gunungkidul AKBP Nugrah Trihadi SIK di dampingi Kasat Lantas AKP Samiyono.

Diungkapkan, kendaraan yang dibawa ke Mapolres, bisa diambil oleh orang tua siswa. Namun memang harus membuat pernyataan terlebih dahulu, berkait tidak akan membiarkan anak mengendarai sepeda motor sebelum memiliki SIM. Upaya ini dilakukan karena sekalipun sudah dilakukan sosialisasi baik di sekolah, kecamatan hingga tingkat dusun, masih banyak pelajar membawa sepeda motor ke sekolah. “ Orang tua perlu meluangkan waktu mengantar anak ke sekolah,” ujarnya.

Kasat Lantas AKP Samiyono menambahkan, pelajar merupakan generasi bangsa. Sehingga apa yang dilakukan polres untuk kepentingan masa depan. Dimana jangan sampai pelajar banyak yang menjadi korban kecelakaan lalu-lintas. Padahal pelajar merupakan generasi penerus bangsa dan negara. “ Tingkat kematangan pelajar masih rendah. Ketika membawa sepeda motor, emosi anak bisa saja meningkat dan menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Oleh sebab itu semua pihak diharapkan mendukung kepolisian dalam menciptakan keselamatan berlalu-lintas,” jelasnya. (Ded)

 

BERITA REKOMENDASI